Kehidupan di Sekitar TPA

 

Gunung sampah di TPA Tamangapa

Gunung sampah di TPA Tamangapa

 

Kamis, 23 Mei 2013 yang lalu, saya pergi ke Tempat Pembuangan Akhir Tamangapa, Kec.Antang, Makasar, dalam rangka Praktek Kerja Lapangan Diklat SIG Dalam Penataan Ruang yang diselenggarakan oleh kantor saya bekerjasama dengan Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam PKL ini, peserta diklat diminta membuat Sistem Informasi Geografis yang akan dijadikan laporan untuk seminar dan hasil akhir dari Diklat tersebut. Berhubung saya tidak begitu memahami apa itu sistem informasi geografis, maka kita abaikan sajalah hal itu😀

Ada satu hal yang menarik perhatian saya ketika saya memasuki wilayah yang dipenuhi dengan gunung sampah itu, yakni terdapat pemukiman penduduk disana. Mereka hidup, tinggal, makan, bernapas, buang air, dan melakukan sederet aktivitas kehidupan disana😦. Warga disana terlihat begitu akrab dengan bau sampah dan lalat yang hinggap dimana-mana. Sungguh bukanlah pemandangan yang menyenangkan😦

 

ANAK2 TPA

Selain itu, ada satu hal lagi yang menarik perhatian saya, yakni ketika mobil truk pengangkut sampah masuk ke lokasi TPA, akan kita dapati anak-anak seusia SD yang bergantungan berusaha naik ke atas truk untuk memilih sampah-sampah plastik yang masih layak pakai. Anak-anak yang seharusnya sekolah dan mencicipi pendidikan, tapi tidak dengan mereka. Mereka harus bergelut dengan sampah dan mengabaikan pendidikan. Semoga allah senantiasa menjaga, memelihara,  dan memberkahi mereka.

 

Makasar..

Ternyata, di tengah banyaknya gedung-gedung bertingkat yang saya temui di kota itu, terdapat satu sisi kehidupan yang menyedihkan, yang mengajarkan saya untuk lebih bersyukur dengan kehidupan yang saya miliki sekarang.

Terimakasih Makasar, 4 hari disana lumayan menenangkan hati saya yang sedang galau😀

Leave a Reply

