Menjadi Baik

Karena baik tidak memiliki standar kebaikan yang dapat diukur indikator kebaikannya, maka tidak ada manusia yang benar-benar baik di dunia ini. Tapi manusia baik, itu ada!

 

Tadi siang, saya terlibat pembicaraan di telpon dengan salah satu teman saya. Kami membahas suatu perkara yang sedang saya alami dengan teman saya lainnya. Diakhir pembicaraan dia bilang kalau dia teringat pesan salah satu tantenya yang mengatakan bahwa “Tidak ada manusia yang benar-benar baik di dunia ini”

Mendengar ucapannya, membuat kami sedikit berdebat akan hal itu. Bagi saya baik tidak memiliki standar kebaikan yang dapat diukur indikator-indikatornya karena indikator baik itu tidak ada. Pada dasarnya semua manusia itu baik, meskipun nantinya dia menjadi penjahat dan koruptor sekalipun, pasti seseorang itu masih memiliki sifat baik dalam dirinya.

Menjadi baik bukanlah tentang bagaimana  kita mentraktir teman-teman, mengerjakan pekerjaan rumah teman-teman, tapi adalah tentang bagaimana kita menjadi orang yang selalu ada bagi keluarga, sahabat, teman, dan lingkungan serta ikhlas menjalani semua yang yang kita jalani (meskipun yang ini terasa berat😦 ).

Menjadi baik bukanlah hal yang sulit. Buka mata, buka hati dan lihat sekitar kita, begitu banyak hal-hal baik yang bisa kita lakukan. Mengingat hidup di dunia tidak akan lama, marilah kita menjadi manusia baik untuk sesama.

-Minggu dini hari, 07042013-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s