Anda Perokok?? Tonton Video Ini!

Disela-sela istirahat siang kemaren, saya blogwalking ke salah satu blognya blogger, Lek Ardhi. Disana saya membaca tulisan yang berjudul Anda Perokok?. Pada tulisan tersebut ditampilkan video yang bercerita tentang bahaya dan ancaman rokok, balita perokok yang berasal dari Indonesia yang sempat menggemparkan dunia, dan tentang begitu mudahnya para produsen rokok memasarkan produknya di Negara-negara berkembang, khususnya di Indonesia.

Dari menonton video tersebut, saya mengetahui bahwa negara berkembang merupakan pasar yang empuk bagi produsen rokok untuk memasarkan produknya, terutama di Indonesia. Di Negara kita ini begitu mudahnya kita temui iklan-iklan rokok yang tersebar di setiap sisi jalan. Baik itu di kota besar maupun di desa-desa terpencil sekalipun. Merokokpun sekarang tidak hanya dilakukan oleh orangtua saja, bahkan di setiap jenjang usia dapat kita lihat begitu akrabnya mereka dengan rokok. Mulai dari anak kecil, balita, pelajar, dewasa, hingga orangtua. Selain itu merokok sekarang tidak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki, perempuan juga sudah bersahabat dengan zat yang berbahan dasar nikotin itu.

Dalam video tersebut juga diceritakan tentang bagaimana lemahnya regulasi di negara kita. Tak ayal negara kita yang tercinta ini menjadi pasar yang paling empuk bagi produsen rokok untuk memuluskan jalan mengembangkan produknya.  Dengan dalih menghidupi hajat hidup orang banyak, karena banyaknya  pekerja yang menggantungkan hidupnya disana, maka perusahaan-perusahaan rokok tetap berdiri eksis di Indonesia.

Tulisan ini hanya review singkat dari video yang saya tonton kemaren siang. Menurut saya sendiri, merokok itu pilihan. Orang-orang bebas untuk merokok asalkan tidak dihadapan saya. Orang-orang berhak untuk merokok dan saya juga berhak untuk bebas dari asap rokok.  Tapi rokok bukan konsumsi untuk anak-anak dan pelajar. Untuk segala permasalahan yang timbul akibat rokok, aah biarlah orang-orang pintar disana yang mengurusnya. Semoga pemerintah makin bijak dan lebih memihak ke kesehatan hidup orang banyak dalam membuat peraturan dan Undang-Undang tentang rokok.

Untuk lebih jelas isi dari videonya, silahkan klik video dibawah ini.

2 thoughts on “Anda Perokok?? Tonton Video Ini!

  1. kalau orang dewasa, terserah mereka sih ya, mereka pasti sudah tau dampak negatifnya, resiko ditanggung penumpang kalau itu sih😛 & sama juga, asal jangan dekat2 dengan saya😀.
    kalau anak2 dibawah umur apalagi balita, mestinya menjadi tanggung jawab ortu. ah tapi kadang ortu mereka sendiri pun merokok di depan anak2. jadi mereka mencontoh apa yang mereka lihat. weleh saya jadi bingung mau ngomong apa😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s