Saya suka Para Pencari Tuhan

 

Disaat program-program televisi sekarang dipenuhi  dengan siaran-siaran yang kurang begitu mendidik bagi pemirsanya, Para Pencari Tuhan hadir memberikan pencerahan. Para Pencari Tuhan yang merupakan sinetron tahunan yang tayang di setiap bulan Ramadhan itu kini telah sampai pada jilid ke 6. Dan sampai jilid ini pun sinetron tersebut tetap berkomitmen untuk menyampaikan pesan-pesan moral di setiap episodenya.

Para Pencari Tuhan yang memulai debut pertamanya pada tahun 2007 lalu hingga saat ini, merupakan tontotan yang wajib ditonton bagi saya. Saya masih ingat banget dulu ketika saya harus rebutan remote TV sama adek saya ketika hendak menonton sinetron ini. Tapi sayangnya akhir-akhir ini, khusunya jilid 6 ini, saya tidak bisa maksimal untuk menonton film ini L.

Sinetron religi yang diproduseri oleh actor kawakan Dedy Mizwar ini dikemas dengan bahasa yang santun dan jalan cerita yang menarik yang berkisah tentang kehidupan sehari-hari. Antara lain:

  •  Tentang ambisi yang diwakili oleh sosok Pak RW dan the gank. Dimana Pak RW dan teman-temannya selalu berusaha untuk memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan jabatannya.
  • Tentang jatuh bangun dalam kehidupan, dimana sosok ini diwakili oleh Pak Jalal dan Bang Asrul. Pak Jalal yang dulunya merupakan orang kaya dan sekarang menjadi orang miskin. Sementara Bang Asrul yang sempat kaya, tapi karena sesuatu yang bukan kesalahannya, akhirnya dia jatuh miskin lagi* dari kisah Bang Asrul saya belajar   bahwa terkadang ada kalanya kita harus menanggung kesalahan orang lain, meskipun kita telah berjalan di jalan yang benar*.  Jatuh bangun dalam kehidupan mengajarkan kita, bahwa harta itu hanya titipan, dan kapanpun juga Allah bisa mengambilnya dari kita. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan harta yang kita punya untuk kemashalatan umat.
  • Tentang kesetiaan yang diperankan oleh Mirna terhadap Bang Asrul. Dimana meskipun sudah jatuh miskin lagi, Mirna selalu setia berada disisi Bang Asrul, menemaninya, mendukungnya, dan memahaminya.
  • Tentang persahabatan antara Udin dan Asrul. Selain istrinya Mirna, Udin juga merupakan sosok yang selalu setia disisi Asrul. Baik suka dalam duka, Udin selalu ada bersamanya. Selain itu dikisahkan juga persahabatan antara Chelsea, Juki, dan Barong. Aah persahabatan mereka ini uniikk bangett:D. Dari persahabatan mereka saya belajar bahwa persahabatan itu tidak terukur dengan materi yang kita miliki. Lebih dari itu, persahabatan bicara tentang hati dan rasa memiliki.
  • Tak lupa pula tentang romantisme Azam dan Aya. Pasangan berdua ini?? mm.. keren banget! kehidupan rumah tangga mereka diwarnai oleh konflik-konflik kecil yang berujung dengan romantisme . Tak lupa kisah cinta setiga Ibunya Azam dengan Bang Jek dan Om wijoyo juga turut mewarnai romantisme di Para Pencari Tuhan Jilid 6 ini.

Hampir disetiap episodenya ada kandungan nilai-nilai agama yang disampaikan  pada sinetron ini. Tak salah Sinetron ini mendapat pujian dari Majelis Ulama Indonesia sebagai sinetron yang mampu memberikan tuntunan kepada pemirsa tentang berbagai hal yang berangkat dari bersikap dan berprilaku islami.

Secara keseluruhan, saya menyukai sinetron ini. Semoga kedepannya ada PPT 7, 8, 9, dst…..:). Aamiin..

7 thoughts on “Saya suka Para Pencari Tuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s