Surat Untuk Sahabat

“Sadar atau tidak semakin bertambah usia, teman-teman yang dulunya banyak ada di sekeliling kita, saat ini mulai berkurang, tinggallah teman yang memang benar teman ada di samping kita, karena semua sudah memiliki kepentingannya tersendiri, maka semakin memecah belah berdasarkan kepentingannya masing-masing.”

Kutipan tersebut saya ambil dari ucapan salah satu teman Teh Angki yang saya baca di lapak sebelah. Saya sepakat dengan kutipan di atas. Dan pada akhirnya dengan seiring berjalannya waktu, satu persatu lingkaran pertemanan yang kita buat selama ini akan lepas dan terpisah, menjauh dari rantainya.

Mungkin kita tidak ingin melepaskan, tapi waktu dan keadaanlah yang melepaskannya. Semakin kesini kita semakin menyadari bahwa ada mimpi yang harus kita kejar, dan ada harapan yang harus kita wujudkan untuk menjadi nyata. Kita bukanlah lagi kita yang dulu, mahasiswa yang dipenuhi dengan setumpuk buku,  yang bisa melakukan hal-hal yang kocak dan gila bersama-sama, menghabiskan malam bersama dari atap rumah sambil makan mie di malam yang penuh dingin, dan menikmati akhir pekan di panti asuhan yang dipenuhi dengan canda tawa adek-adek kita.  Kini, semua hal indah penuh makna itu tidak bisa lagi kita lakukan. Kita terpisah. Satu persatu diantara kita pergi untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang nantinya semoga bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

Kita terpisah. Tapi perpisahan ini mengajarkan kita bahwa persahabatan kita lebih dari itu. Persahabatan kita tidak bicara jarak, tapi bicara hati dan  rasa memiliki.

Dari semua hal yang telah terjadi, saya mengerti bahwa kita dipertemukan oleh waktu, dan pada akhirnya, waktu jugalah yang memisahkan kita. Tapi, tak perduli kemanapun kita mengayuh, kita tahu dimana dermaga kita kan berlabuh, teman.

21 thoughts on “Surat Untuk Sahabat

    • Terimakasih kembali sobat..
      Sahabat sejati tidak akan pernah lekang oleh waktu dan tidak akan terkikis seiring bergantinya zaman😀
      mungkin kita harus diuji dulu untuk benar-benar meyakinkan bahwa merekalah sahabat2 sejati kita:)

  1. sangat meyentuh
    benar jg kata kamu say
    tambahan:sahabat selalu ada buat kita beda ama pacar,pacar ada jika mereka membutuhkan kita
    tp sahabat selalu ada di setiap waktu….kita sedih mereka ada kita senang mereka ada itulah makna dr sahabat tidak pernah meninggalkan kita biarpun kita jauh dy yg paling mengerti tentang kita

    makax kita harus menjaga x seperti dy menjaga kita😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s