Bebas itu??

Bebas itu??

Teman-teman tahu salah satu iklan provider yang berkisah tentang kebebasan? Kalau belum, tontonlah iklannya dan pandangilah baliho-balihonya di pinggir-pinggir jalan😀. Iklan tersebut bercerita tentang arti kebebasan dalam beberapa sudut pandang. Iklan tersebut sebenarnya merupakan “sindiran” tentang arti kebebasan yang sesungguhnya. Iklan tersebut dibuat dalam dua versi, yakni versi cewe dan versi cowo (untuk yang ini saya baru tahu siang ini).

Saya pertama kali melihat baliho itu di pinggiran jalan jembatan Pasopati Pasteur. Dan sejak pertama kali melihat baliho itu, saya langsung suka dengan isi pesannya. Sampai suatu hari saya bilang ke teman saya kalau saya menyukai iklannya, dan teman saya bilang kalau semua part dalam iklan tersebut ada di youtube. Siang ini, saya tontonlah semua iklannya. Dan saya, makinnn sukaaa dengan iklannya.

Berikut akan saya tuliskan isi pesan dari iklan tersebut.

·         Versi Cewe : Bebas itu Nyata

Kebebasan itu omong kosong.

1.      Kebebasan itu ilusi.

Katanya urusan jodoh sepenuhnya ada di tanganku, asalkan sesuku, kalau bisa kaya, pendidikan tinggi, dari keluarga baik-baik.

2.      Kebebasan itu aneh.

Katanya aku bebas berekspresi, tapi selama rok, masih di bawah lutut.

3.      Kebebasan itu palsu.

Katanya hidup ini singkat, mumpung masih muda nikmati sepuasnya. Asal, jangan lewat dari jam 10 malam.

Katanya zaman sekarang pilihan itu tidak ada batasnya, selama mengikuti pilihan yang ada. Think Again!

·         Versi Cowo: Bebas itu Nyata

Kebebasan itu omong kosong.

1.      Kebebasan itu Lucu.

Katanya bebas berteman dengan siapa aja, asal orangtua suka.

2.      Kebebasan itu Fantasi.

Katanya urusan jodoh sepenuhnya ada di tangan, asalkan dari keluarga terpandang. Ga Cuma cantik, tapi juga santun, berpendidikan.

3.      Kebebasan itu teori.

Katanya jadi laki-laki itu jangan pernah takut gagah, tapi juga jangan bodoh untuk ambil resiko. Mendingan kerja dulu cari pengalaman.

Katanya zaman sekarang pilihan itu ga ada batasnya, selama mengikuti pilihan yang ada. Think Again!

Gimana?? suka kan sama isi pesannya:).

Terlepas dari ada promosi yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan, tapi secara tidak langsung ada makna yang mereka sampaikan tentang arti kebebasan. Iklan tersebut memberikan gambaran nyata tentang kebebasan. Dari iklan tersebut saya mencoba memahami bahwa kita tidak akan pernah mendapatkan kebebasan yang seutuhnya. Mungkin karena kita tidak hidup sendiri, sehingga masih ada keluarga, keluarga, sahabat, kekasih, teman, dan lingkungan yang harus kita jaga perasaannya. Selain itu, mungkin kita tidak akan mendapatkan kebebasan seutuhnya karena ada hak-hak orang lain yang harus kita jaga dan tidak bisa dilanggar.

Bebas itu?? bebas memilih apa yang kamu mau, apa yang kamu suka, dan apa yang kamu inginkan. Yakin?? Think Again!!

Bebas itu??

24 thoughts on “Bebas itu??

  1. saya malah baru sekali lihat tu iklan dan itupun hanya sekilas, ga terlalu perhatiin isinya. Dan saat itu yang ada dibenak saya cuma pikiran “nggak mudeng ma ni iklan, dimana hubungannya sama providernya?” memang sih, saya masih bisa menangkap pesan iklan itu, yang intinya cuma mo bilang, ni provider ngasih kamu kebebasan buat bla..bla…bla…dibanding provider lawan. Tapi kesan di otak saya cuma “konsepnya mirip sama iklan rokok X yang mencoba berfilosofi dalam iklan-iklannya. Kira-kira bisa diterapkan nggak ya?” jawabannya??? Let we see… *beuh panjang amat yak komennya hehehe😛

    • Panjang tp bermutu mba, keren!
      seperti yg saya tulis di artikel saya di atas, terlepas ada promosi yg ingin mereka sampaikan dan konsep yg mirip dengan iklan rokok X, saya mengindahkan itu semua, karena saya tidak membahas itu. Saya hanya membahas makna pesan yg disampaikan oleh pembawa pesan😀

      • tapi ada kritikan yang harus dibenahi dalam muatan yang tersimpan dalam iklan tersebut..

        Katanya urusan jodoh sepenuhnya ada di tanganku, asalkan sesuku, kalau bisa kaya, pendidikan tinggi, dari keluarga baik-baik.

        Katanya aku bebas berekspresi, tapi selama rok, masih di bawah lutut.

        saya ambil 2 sample saja..
        coba tahu gak yang mana yang harus di benahi ?

    • Sama2🙂

      Kita tidak akan pernah mendapatkan kebebasan seutuhnya, karena ada batas dan hak2 orang lain yg harus kita jaga🙂

  2. “Gratis akses 10 situs terkenal full speed selama setahun,cuma bayar 50rb” think again!!, think! Bahkan tawaran dari iklan provider tsb pun ngga mnggambarkan kebebasan, “gratis, cuma bayar 50rb”🙂 iklan cerdas ya,think again

    • he🙂
      begitulah bahkan iklannya pun tidak menggambarkan kebebasan:D
      Betewe saia tidak membahas tentang providernya, tp saya membahas makna pesannya🙂
      terimakasih telah berkunjungg yahh🙂

    • Haii, salam kenal juga🙂
      Saia dah baca tulisan kamu:) dan saia juga sependapat ada bberapa item yg saia komplain dan kurang setuju, yaitu yg dibagian “rok di atas lutut” dan “pulang jam 10 malam”, untuk bberapa item lainnya saya suka. Bicara tentang kebebasan, Kita tdk akan pernah mndapatkan kebebasan seutuhnya karena ada hak-hak orang lain yg harus kita jaga. Dan tepat seperti yg kmu bilang kebebasan itu harus berdasarkan akal dan kecerdasan juga🙂

      terimakasih telah berkunjung ke blog saia yahh:)

  3. Setuju, selama masih hidup di dunia maka Kita enggak akan menemukan kebebasan se’bebas’-‘bebas’nya. Nanti kalau masuk surga barulah kebebasan dan keinginan apapun bisa tercapai (moga aja kita semua termasuk calon penghuni surga).Aamiin.

    • Aamiin Aamiin Ya Rabbal Alaamiin🙂

      Semoga kita semua menjadi penghuni surgaNYA🙂
      terimakasih karena telah berkunjung ke blog saya yah. Salam kenal *jabat tangan😀

    • Iyah silahkan di share asalkan tulis sumbernya yah🙂
      Terimakasih telah menshare tulisan saia ini🙂

      Iya, segera saya meluncur ke blog mba:)

  4. br bbrp kali liat ni iklan d tv tp suka bgt…ak pkr iklan rokok trnyt iklan provider ya? td iseng2 search d google eh malah masuk di blog ini…mantap nich…ijin share ya kalo boleh???trims…^_^

    • sebelumnya maaf baru blas..baru sempat buka blog skarang..

      mangga, silaaakan dishare..smoga brmanfaat bg kita semua yah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s