Pelajaran hidup dari orang-orang di sekitar kita

Kemaren malam (25 Juni 2012) saya menonton salah satu program televisi yang membahas tentang 7 orang miskin  yang berubah nasibnya menjadi billionaire di salah satu stasiun televisi swasta. Orang miskin itu antara lain terdiri dari para pengemis dan pengamen jalanan, supir taksi, serta pemulung. Mereka menjadi kaya ada karena mendapat warisan dari orang yang mereka tolong, ada yang karena menjadi supir taksi seorang nenek tua, dan dari memulung hingga belajar tentang saham  di perpustakaan kota sehingga menjadikan dia sebagai pemulung terkaya di dunia.

Melihat kenyataan itu menyadarkan saya bahwasanya :

  1. Jika Allah berkehendak, maka terjadilah apa yang dia kehendaki. Disaat dia menghendaki merubah nasib para pemulung dan pengemis itu, maka dengan kuasaNYA berubahlah nasib mereka tersebut. Bukankah tidak ada yang tidak mungkin dengan kuasaNYA?
  2. Berbuat baiklah karena kita tidak akan pernah tahu akan buah yang akan kita petik nantinya dari kebaikan yang telah kita tanam. Para pengemis dan supir taksi di atas karena mereka membantu seorang, maka kebaikan mereka itu pada akhirnya mengantarkan mereka menjadi salahsatu orang miskin yang menjadi kaya.
  3. Ikhlaslah dalam bekerja dan menjalani apapun yang terjadi dalam hidup ini. Selebihnya serahkan kepadaNYA dan biarkan kuasaNYA yang bekerja.
  4. Saya percaya bahwasanya jika seseorang itu nasibnya baik ( dalam hal ini menjadi orang sukses dan kaya) pastinya dia akan menjadi sukses dan kaya. Tapi tetap saja perlu ada usaha dan kerja keras, karena tidak ada segala sesuatu yang didapat dengam mudah di dunia ini.
  5. Belajar itu tidak mengenal status dan usia. Kapanpun dan dimanapun kita bisa belajar. Seorang pemulung diatas, meskipun dia hanya seorang pemulung, tapi dia belajar tentang saham di perpustakaan kota yang dengan itu membawa dia menjadi pemulung terkaya di dunia.

Ternyata dalam hidup banyak pembelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya. Semoga saja saya dan teman-teman semua dapat memaknai setiap peristiwa hidup yang kita dan lingkungan sekitar kita jalani untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di setiap harinya. Aamiin

Depok,27062012

10: 56 p.m.

One thought on “Pelajaran hidup dari orang-orang di sekitar kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s