Manfaat Pelukan

selalu comot paksa dari google :)

Peluk ;

Karena dalam dekap, semua masalah terasa nikmat.

Peluk. Kita semua pasti pernah merasakan pelukan. Baik itu pelukan dari orangtua, sahabat, ataupun pacar. Pelukan merupakan salah satu sentuhan positif antara dua orang. Biasanya ketika dipeluk maka kita akan merasakan ketenangan, kehangatan, dan kedamaian. Secara psikologi pelukan juga dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian dan empati terhadap orang yang kita peluk.

Pelukan ternyata juga mampu menyembuhkan penyakit hipotermia, yakni suatu penyakit yang tidak kuat dengan suhu dingin. Karena saat dipeluk ada pertukaran ion-ion tubuh yang terjadi dari pelukan yang berlangsung.

Mengapa saat ini saya berbicara tentang pelukan? Jadi begini ceritanya :

Hari ini saya pergi ke Gunung Tangkuban Perahu dalam rangka praktek kerja lapangan Diklat English For Presentation Skill. Disana cuacanya sangat dingin. Saya saja tidak pernah menanggalkan jaket yang sedari pagi membungkus tubuh saya. Di depan saya terlihat ada seorang pengunjung yang pakai baju pendek dan tidak menggunakan jaket. Melihat hal itu, saya bilang ke teman saya.

Me : Tuh cewe ga kedinginan yah a, ga pake jaket ?

Him : dia ga akan kedinginan lagi neng, karena dah dipeluk tuh ma pacarnya. (saat itu mereka sedang berangkulan tepatnya, sepertinya teman saya yang berlebihan mengartikannya)

Me : Memangnya pelukan itu bisa menghangatkan tubuh yah a?

Him : Dengar pertanyaan saya itu dia langsung menjelaskan hal tentang manfaat pelukan, salah satunya tentang pelukan yang mampu menyembuhkan penyakit hipotermia itu.

Dan dari hasil perbincangan singkat kami tadi, saya mendapatkan ide untuk menulis tentang pelukan. Sekarang saya juga akan menuliskan kembali manfaat pelukan dari sumber yang saya baca di internet.

1.      Sentuhan dari orang yang kita sayangi akan meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam darah. Seperti yang kita tahu, hemoglobin merupakan salah satu bagian dari tubuh yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk jantung dan otak. Suplai hemoglobin yang meningkat ini dipercaya secara ilmiah akan mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.

2.      Memeluk seseorang yang Anda sayangi sebanyak empat kali per hari bisa menjauhkan depresi. Malah secara ilmiah, delapan pelukan sehari akan memberikan kestabilan mental yang lebih kokoh, dan 12 pelukan sehari akan membantu perkembangan psikologis seseorang. Penelitian lain menyebutkan manfaat pelukan, di antaranya mengurangi stres, membantu pola tidur yang sehat, memberi semangat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.      Sebuah penelitian yang dilakukan University of California juga membuktikan betapa dahsyatnya sentuhan dari suami, istri, bahkan pacar. Sebanyak 25 perempuan yang menjadi objek penelitian diberi semacam panas yang membuat mereka merasa kesakitan. Lalu mereka dipersilakan memegang bola kecil, tangan pria asing, dan tentunya tangan pasangan. Ajaibnya, ketika mereka saling berpegangan dengan tangan pasangan, rasa sakit yang dirasakan jauh berkurang dibandingkan ketika mereka memegang bola kecil atau tangan pria asing.

4.      Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Epidemiology and Community Health mengungkapkan fakta bahwa bayi yang sedari lahir selalu diberi sentuhan (pelukan, ciuman, belaian) pertanda kasih sayang oleh orangtuanya tumbuh menjadi pribadi yang tak mudah stres.

Jadi melihat manfaat diatas, tunggu apa lagi? mari kita berbagi peluk dengan sesama🙂. Big Hug untuk kalian semua🙂 selamat bermalam minggu🙂

Sumber dari sini

8 thoughts on “Manfaat Pelukan

  1. Pingback: Hidup Banyak Warna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s