Menggenggam tangan, menggenggam dunia

 

Teman-teman pernah melihat tangan anak bayi yang baru lahir? Ketika baru lahir, bayi biasanya menggenggam tangannya. Berbanding terbalik ketika kita meninggal, ketika meninggal biasanya tangan kita terbuka.

Saya baru tadi pagi menyadari akan hal ini dari penjelasan seorang teman. Teman saya ini memang sering mendatangi tablig akbar-tablig akbar. Dan dari tablig akbar tersebut dia mendapatkan penjelasan tentang perihal diatas.  

Berdasarkan penjelasan teman saya tadi, diceritakan kembali bahwa biasanya ketika lahir kita menggenggam tangan kita, dengan makna bahwa kita ingin menggengam dunia ini berada dalam tangan kita. Kita, dengan segala harapan dan cita-cita menginginkan agar bisa menguasai dunia ini sehingga berada di genggaman kita. Kita,yang  entah itu ambisi ataupun mimpi berusaha untuk berlomba-lomba agar bisa menjadi pemenang di Bumi ini. Kita, dengan segala kemampuan yang  dipunya ingin menjadi orang yang terdepan dan terpandang di Bumi ini. Meskipun dalam kenyataannya tidak demikian adanya.

Hal yang berbanding terbalik akan kita temui ketika kita meninggal.

Ketika meninggal, biasanya kita meninggal dalam keadaan tangan terbuka. Dengan makna bahwasanya kita telah ikhlas dengan segala yang telah kita dapatkan di Bumi, dan pasrah mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita selama di dunia di mata ALLAH swt. Jika perbuatan kita selama ini baik, maka ALLAH juga akan menempatkan kita ketempat yang baik disisiNYA. Pun begitu sebaliknya, jika perbuatan kita selama di dunia kurang baik, maka ALLAH swt juga akan menempatkan kita ditempat yang kurang baik disisiNYA.

 

5 thoughts on “Menggenggam tangan, menggenggam dunia

  1. bener banget sepertinya…
    saia jadi inget do’anya umar bin khattab:
    “Ya Allah, jadikanlah dunia ini dalam genggaman kami..Jangan jadikan dunia menggenggam hati kami…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s