Aku sayang kamu, Pa

punya google

 

Aku memang terlahir sebagai anak yang tidak menjadi seperti apa yang engkau inginkan, Pa. Aku bukanlah anak yang bisa dijadikan kebanggaan keluarga. Jauh dari kata membanggakan aku malah sering membuat papa malu dengan segala tingkah dan perbuatan yang kulakukan. Aku sering banget bikin mama sedih dan nangis karena ulahku. Tak banyak juga kisah nakal yang telah kutulis yang membuat adik-adik malu karena memiliki kakak sepertiku.

Aku sadar pa, aku tidaklah layak menjadi anakmu. Tapi sadarkah papa, kalau semua perbuatan yang aku lakukan ini adalah hal-hal yang pernah dilakukan juga oleh papa. Kata orang-orang aku mengikuti perangaimu pa. Bahkan mama bilang kalau tingkah kita mirip banget ibarat kata pepatah kayak pinang dibelah dua. Mungkin hanya satu yang membedakan kita, yaitu ketertarikanmu kepada obat-obatan terlarang, yang Alhamdulillah saya tidak menyentuh dunia itu.

Semua orang bilang kalau aku mewarisi semua perangaimu, semua kejelekanmu. Masihkah kau tidak menganggap aku anakmu?  Aku begitu sedih pa ketika aku mendengar kalau engkau begitu membenciku dan tidak menganggapku sebagai anakmu. Kesedihanku semakin bertambah ketika engkau mengucapkan kata-kasar kepada mama yang selayaknya tidak kami ketahui hingga mama menangis dibuatmu. Aku memang sering membuat mama menangis, tapi kata-kata kasarmu tadi malam sangat tidak layak diucapkan oleh lelaki sepertimu.

Pa, meskipun engkau begitu membenciku, tapi tidak demikian dengan aku. Aku tetap sayang sama papa dan akan selalu sayang sama papa. Aku menyadari adanya aku itupun karena papa. Maafkan aku yang tidak pernah bisa membahagiakanmu. Maafkan aku yang tidak pernah bisa menjadi kebanggaanmu. Maafkan aku yang selalu menjengkelkan dimatamu.

Pa, dari dalam hatiku aku menyayangimu dan selalu membanggakanmu. Terlepas dari semua sifat yang engkau wariskan dan perbuatan yang engkau lakukan terhadap kami (keluargamu), engkau tetaplah papaku.

Maaf.

Sepertinya hanya kata itu yang mampu kuucapkan sekarang. Aku akan berusaha untuk merubah semuanya, menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pun seluruh dunia meremehkanku, aku akan membuktikan kepadamu kalau akau mampu.

Dan teruntukmu mama, untuk semua air mata yang telah jatuh di pipi indahmu, aku berjanji akan menciptakan pelangi yang indah setelahnya. Pelangi yang akan membuatmu tersenyum, pelangi yang akan membuatmu tertawa bahagia bersamanya.

 

 

Ps : Teruntuk seseorang, tulisan ini untukmu. Kamu pasti mampu, kamu pasti bisa.

 

Leave a Reply

