Hidup itu ?? 5H

 

Selamat hari senin warga rumpi🙂 udah lama saya ndak mampir kesini. Karena sesuatu dan lain hal, akhirnya saya baru bisa mampir lagi kesini, yah meskipun itu sudah malam hari.

Bagaimana hari senin kalian berjalan? Kalau saya? Woww, luar biasa!

Bagaimana tidak luar biasa jikalau hari ini saya mendapatkan siraman rohani yang begitu menggugah dan menginspiratif bagi saya. Dan saat ini saya akan membagikan siraman rohani yang singkat, padat, dan penuh makna itu disini.

Hari ini kantor saya memperingati Maulid Nabi besar Muhamad saw. Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lahir nabi besar Muhamad saw ini diselenggarakan dengan penuh khidmat. Acara tadi dipimpin oleh Bapak Ustad Dr. Aam Amirudin, M.Si. Sungguh diberi tausiah oleh beliau begitu luar biasa. Dengan bahasa yang sederhana dan sedikit melucu, dia menyampaikan pesan dakwah Rasulullah dengan begitu menggugah.

Pada tausiyah tadi dia menyampaikan tentang filosofi hidup yang disingkat dengan 5 H.

1.       Hidup itu tidak pernah datar

Yah, yakinlah hidup itu tidak pernah datar, tapi fluktuatif (berubah-ubah). Kadang senang kadang sedih, kadang suka kadang duka, kadang tangis kadang tawa, kadang bahagia kadang gundah dulana. Yah begitulah hidup. Tidak selamanya kita berada dalam satu posisi atau keadaan yang mengenakkan. Ada kalanya kita berada di atas, dan ada kalanya juga kita berada di bawah. Hendaknya ketika berada di atas, kita bersyukur, pun begitu sebaliknya ketika berada di bawah hendaknya kita bersabar. Bersyukurlah karena  dengan bersyukur maka ALLAH akan menambah nikmat rezeki kita.

2.       Hidup itu proses

Allah telah menciptakan kelahiran dan kematian. Tugas kita adalah mengisi hari-hari melalui proses dengan karya-karya terbaik. Yah menjadi orang yang terbaik sesuai dengan bidang dan wilayah masing-masing secara proposional. Sebagai manusia kita hanya menciptakan proses dan selebihnya untuk kesuksesan serahkan kepada ALLAH biarkan kuasanya yang bekerja.

 

3.       Hidup itu pilihan

Kita diberikan kebebasan memilih untuk menjadi apa dan bagaimana. Mau jadi orang baik ataupun orang buruk itu juga adalah pilihan kita, dengan catatan kita harus siap  dengan segala konsekuensi yang akan diterima dari pilihan yang diambil.

4.       Hidup itu komitmen

Bill Gates, seorang CEO Microsoft pernah mengatakan : “semua orang di dunia ini akan sukses, terlepas dari apapun pekerjaannya. Dia akan sukses ketika dia berkomitmen dengan pilihannya.” Kalau kita berkomitmen insyaALLAH semua godaan yang datang akan mampu dihadapi.

5.       Hidup itu temporer

Yah tidak ada yang kekal di dunia ini. Tidak selamanya kita menjadi muda, tidak selamanya kita menjadi sehat, orang cantik bisa jadi keriput, orang cerdas bisa pikun. Pada akhirnya kita akan habis bersama waktu dan usia. Hidup itu sementara dan dengan waktu semuanya akan melumpuhkan kita. Dan waktu itu adalah misteri. Kita tidak akan pernah tahu sampai kapan usia kita di dunia ini. Sebagai manusia tugas kita hanya meninggalkan kenangan-kenangan yang terindah. Hiasilah hidup dengan kenangan yang indah sehingga ketika kita meninggal kita tersenyum dan malaikat mendoakan kita hingga kita terbangun kembali di kehidupan yang lebih kekal lagi nantinya.

 

Demikianlah hasil ringkasan Maulid Nabi hari ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Selamat malam semua🙂

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s