Karma?? Percaya??

 

Karma.

Kalian percaya karma??  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa karma adalah :

1) perbuatan manusia ketika hidup di dunia: hidup sbg umat Tuhan itu sekadar melakukan darma dan –; (2) hukum sebab-akibat: — bukan hanya menguasai manusia, tetapi juga merupakan suatu hukum mutlak dl alam *

Kalau saya? Entahlah, antara percaya atu tidak. Satu hal yang saya yakini apapun yang kita lakukan dalam hidup ini, maka itu akan dikembalikan lagi ke kita. Jadi ketika kita berbuat baik, maka kebaikan pulalah yang akan menyertai kita. Pun begitu sebaliknya ketika kita berbuat jahat, maka kejahatan pula yang akan menemani kita.

Nah permasalahannya, bagaimana jika itu adalah kesalahan yang dilakukan oleh orangtua kita atau kakak/ adek kandung kita. Haruskah kita menanggung dosa yang dilakukan oleh mereka??  dosa yang sama sekali tidak dilakukan oleh kita ??

Di salah satu komen artikelnya mba pengagum pria jujur, dijelaskan bahwa :

Saia pernah mendengar/membaca bahwa dosa yang dilakukan oleh seorang ayah akan ditanggung oleh anak perempuannya.. Demikian dosa yang dilakukan oleh ibu akan ditanggung oleh anak lelakinya..

Misal: si ayah menyakiti seseorang, maka anak perempuannya kelak akan disakiti oleh orang lain dengan cara yang hampir sama. Bener gag nya walahualam. Tapi di beberapa kasus di lingkungan saya, saya melikhat hal itu kebetulan benar adanya..

Nah bagaimana untuk kasus di atas??

Bagamana pula dengan kasus di bawah ini?

Jika ayahnya suka mainin perempuan dan meninggalkan perempuan begitu saja? Apakah nanti anak perempuannya bakalan mengalami hal yang serupa??

Entahlah , saya masih tidak mengerti. Nah kalau menurut warga rumpi gimana?

Percaya sama karma??

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s