Kekuatan Membaca

mari membaca

 

Sekitar beberapa jam yang lalu saya terlibat pembicaraan hangat dengan salah satu rekan kantor saya. Awalnya kami membicarakan tentang persiapan bagi pengawas BPK yang akhir-akhir ini mengaudit di kantor kami sampai ke perbincangan tentang buku. Teman saya yang satu ini suka baca buku ( pada awalnya terpaksa baca buku karena sering disuplai buku sama ibunya sampai pada akhirnya dia ketagihan untuk membaca). Ternyata kami memiliki selera buku yang sama, yakni suka membaca buku-buku inspiratif yang  membangun jiwa yang bisa menimbulkan motivasi untuk hidup lebih baik lagi, untuk tetap semangat disaat masalah besar datang..

Pada saat obrolan tadi kami membahas sebuah buku yang menurut kami sangat layak untuk dibaca. Adapun buku yang kami bahas adalah buku “Quantum ikhlas”.  Buku karangan Erbe Sentanu ini bercerita tentang bagaimana menerapkan budaya”ikhlas” dalam kehidupan sehari-hari. Buku  ini mengajarkan kita untuk menerapkan ikhlas dalam kehidupan kita. Ikhlas terhadap segala sesuatu yang terjadi kemarin, yang sedang dialami saat ini, dan ikhlas menanti rahasia masa depan.

ikhlaslah maka kita akan bahagia! Ikhlas dan serahkanlah segala sesuatunya hanya kepada Allah, bukankah tidak ada yang tidak mungkin karena kuasa-NYA??

Kurang lebih itulah inti dari buku tersebut.  Selain membahas buku Quantum Ikhlas, kami juga membahas buku inspiratif lainnya yang berjudul “The Power Of Dream” yang saya lupa nama pengarangnya🙂.

Tapi itu bukanlah maksud dari tulisan saya. saya memposting tulisan ini untuk menceritakan tentang kekuatan membaca. Dengan membaca, maka banyak hal dan pengetahuan yang kita ketahui, dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dari yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dan dari yang buta akan sesuatu menjadi paham tentang sesuatu.

 Bahkan dengan membaca buku-buku yang inspiratif, maka akan membawa perubahan yang mendalam juga bagi pembacanya. Kata-kata yang ditulis dengan tata bahasa yang santun dan indah serta dibumbui dengan quote-quote yang membangkitkan semangat seakan mampu menghipnotis pembacanya agar tetap kuat, tetap sehat, dan tetap semangat dalam menjalani hari-harinya. Dan tetap semangat ketika badai besar datang menghadang.

Saya pernah menulis sebuah artikel yang bercerita tentang bahwa sejatinya kita itu merupakan hasil dari apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita baca.  http://ngerumpi.com/baca/2011/09/25/melihat-dengan-hati-mendengar-dengan-cinta-membaca-dengan-jiwa, itu link tulisan saya yang saya publish di rumpi juga.  Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa ketika kita membaca suatu hal yang baik, maka otak kita pun akan merespon hal yang baik pula, maka timbulah pemikiran-pemikiran yang baik, semangat, dan selalu berpikiran positif sehingga kebahagiaanlah yang akan kita dapatkan dalam menjalani hidup. Pun begitu sebaliknya ketika kita membaca  suatu hal yang buruk.

Banyak hal yang kita dapatkan dengan membaca, banyak hal yang kita pahami dengan membaca, dan banyak hal-hal positif yang kita dapatkan dengan membaca.  

Mari membaca🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s