Kata-kata dan Jarum suntik

Kata-kata itu seperti jarum suntik.  Jarum suntik ketika disuntikan maka dia langsung akan mengena ke sasaran yang dituju. Sakit pasti. Apalagi kalau disuntikan pada tempat yang kurang tepat. Pun begitu dengan kata-kata yang dikeluarkan dari mulut kita. Ketika kata-kata/ ucapan dikeluarkan dari mulut kita, maka akan langsung mengena ke lawan bicara dan dipersepsikan berbeda pula oleh mereka. Bahkan terkadang maksud baik yang ingin kita sampaikan dipersepsikan “kurang baik” oleh mereka. Apalagi jika disampaikan dengan bahasa yang menurut mereka “kurang layak” .

Pepatah mengatakan kalau mulutmu adalah harimaumu. Tidak sedikit berawal dari ucapan yang keluar dari mulut/ kata-kata yang tertulis banyak kejadian yang tidak enak terjadi setelahnya. Sepasang suami istri saja bisa ribut karenanya, sepasang kekasih bisa bertengkar, dan persahabatan pun bisa “longgar”.

Berbekal  dari pepatah di atas, hendaknya setiap kata-kata yang keluar dari mulut kita harus benar-benar dicerna agar kata-kata yang terucap tidak menyinggung perasaan orang lain. Karena tidak sedikit, berawal dari sebuah ucapan/ kata-kata yang kita keluarkan bisa menghancurkan semua yang telah kita bangun dan kita jaga selama ini🙂

 

Notes : tulisan ini terinspirasi dari teguran seorang sahabat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s