Manusia dan Manfaatnya

 

Sampai detik ini saya percaya dan akan selalu percaya kalau ALLAh swt menciptakan segala sesuatu pasti ada fungsi dan manfaatnya. Allah tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia. Langit, bumi dan seisinya salah satu bukti nyata hasil ciptaan ALLAH swt yang bermanfaat bagi kita semua. Pun begitu ketika ALLAH menciptakan manusia.

Manusia yang katanya merupakan makhluk yang paling mulia yang dibekali akal dan pikiran pastilah terlahir dengan membawa manfaat. Kalaupun dia tidak bisa bermanfaat bagi orang banyak, setidaknya dia bermanfaat bagi dirinya sendiri dan keluarganya.

Dan saya percaya seseorang yang sekarangnya  jahat, nakal, amburadul, ga sekolah, suka bikin kesal orangtua, dan sejenisnya masih memiliki harapan yang cerah di esok hari untuk menjadi manusia yang bermanfaat, manusia baik, dan melengkapi  fitrahnya sebagai manusia yang memiliki tanggung jawab di bumi dan di mata ALLAh.

Kesuramannya di masa sekarang bukan berarti kesuraman juga baginya di masa depan. Bukankah kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Biarkanlah ia tetap menjadi rahasia indah yang dipegang oleh ALLAH hingga akhirnya rahasia itu terbuka.

Saya pernah baca suatu ungkapan begini ” apa yang kita dapatkan di masa depan, itu adalah hasil dari perbuatan kita di masa sekarang” jadi kalau kita menginginkan masa depan yang indah, maka kita harus berjuang di masa sekarang untuk mewujudkannya.

Memang benar! tapi untuk kasus di atas, kita belum tahu apa yang terjadi sama mereka dalam perjalannya. Siapa tahu nanti dipertengahan jalan mereka mendapatkan sebuah pelajaran bijak sehingga mampu mengubah kehidupan mereka dari anak yang nakal menjadi anak baik.

Bukankah harapan itu selalu ada??

 

Notes : tulisan ini terinspirasi dari kakak saya:(

Teruntukmu kakak :

“sekejam apapun dunia menghujatmu, mengecammu, mencercamu, bahkan menghina keberadaanmu engkau tetaplah kakak bagi saya! Lelaki saya! Kebanggan saya! Dan Jagoan bagi saya yang akan selalu melindungi saya dari orang-orang yang berniat jahat diluar sana”

Kamu pasti bisa kak!

Mari tunjukan pada dunia bahwa engkau istimewa, engkau berguna!

 

 

 

Leave a Reply

