Kisah Akar dan Beton

Anakku, tahukah engkau sesuatu yang terlihat cantik dari luar biasanya disusun oleh hal-hal kecil yang kadang tidak terlihat oleh mata di dalamnya. Pohon-pohon besar nan tinggi yang sering kamu lihat selama perjalanan kamu ke sekolah itu terdiri dari akar kuat yang mengikat  pohon tersebut hingga mampu berdiri kokoh.  Akar begitu gigih mencari air, menembus tanah yang keras demi sebatang pohon. Ketika pohon tumbuh, berdaun rimbun, berbunga indah, menampilkan eloknya pada dunia dan mendapatkan pujian pula, akar tidak iri, ia tetap bersembunyi dalam tanah. Hal yang serupa juga dapat kamu pelajari dari sebuah beton dalam bangunan.

Jadilah beton dalam bangunan. Meski tidak tampak, namun sesungguhnya ialah yang menjadi penyangga kokohnya sebuah bangunan. Pilar-pilarnya yang terbuat dari kombinasi agregat dan pengikat semen begitu kuat dan kokoh dalam menyangga sebuah gedung tinggi.

Bayangkanlah bagaimana sebuah beton menyangga sebuah bangunan tinggi yang bertingkat hingga terlihat begitu indah di luarnya?

Ketika pohon tumbuh menjadi pohon yang indah nan berbunga dan beton menjadi penyangga yang kokoh dalam sebuah bangunan, akar dan beton tidak iri. Mereka tetap bersembunyi di tempatnya masing-masing. Itulah makna ketulusan Anakku!

Ketika kita membantu, hendaklah membantu secara tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan/jasa atas perbuatan yang kita lakukan. Karena sejatinya ada seseorang yang tidak terlihat oleh kita mengetahui apa saja hal-hal yang kita lakukan bahkan untuk hal terkecil sekalipun.

Anakku, banyak hal yang bisa kau pelajari dalam hidup ini.

Look, Listen, and learning!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s