Melihat dengan hati, mendengar dengan cinta, membaca dengan jiwa :)

Sewaktu kuliah dosen saya pernah bilang kalau sebenarnya kita itu melihat sesuatu berdasarkan “FOR” dan “FOE” kita. FOR : Frame of Reference dan FOE : Frame of Experience. Reference dan Experience, Berdasarkan dua hal tersebut maka akan membentuk satu pola pikir kita terhadap sesuatu. Disini saya akan membahas tentang referensi, karena untuk pengalaman, semua orang memiliki pengalaman berbeda dan tidak bisa disamaratakan. Sementara untuk referensi, biasanya kita mendapat referensi dari apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita baca.

Ketika kita melihat hal-hal yang baik, maka otak kitapun akan merespon hal yang baik juga, dan akan tersimpan di memori otak dalam bentuk baik. Begitupun sebaliknya ketika kita melihat hal yang buruk.

Hal yang sama juga berlaku ketika kita mendengar dan membaca hal yang baik-baik, maka otak pun akan mersepon hal yang serupa, dan tersimpan dalam memori dalam bentuk yang sama. Begitupun sebaliknya ketika kita melihat hal yang buruk/jelek.

Sama seperti yang saya lihat tadi sore di televisi ketika sedang menonton program “Kick Andy” di salah satu tv swasta dengan judul KALAU MAU,BISA! Yang bercerita tentang orang-orang yang dengan keterbatasan fisik tapi tetap berkarya bahkan mampu mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Cacat fisik ternyata bukan menjadi hambatan bagi mereka untuk berkarya dan terus berkarya . Yang lebih hebatnya lagi, mereka malah tidak pernah meratapi keadaan mereka yang seperti itu, malahan mereka berterima kasih kepada ALLAH karena mereka telah diberikan yang terbaik dalam kehidupannya. GREAT!!

Melihat cerita di atas, saya jadi malu dengan diri saya sendiri. Saya yang diberi ALLAH kelengkapan fisik, tapi belum bisa seperti mereka. Saya dengan usia segini belum bisa memberikan yang terbaik bagi keluarga dan bangsaku. Saya juga kadang lupa mensyukuri akan nikmat dan karunia yang telah ALLAH berikan untukku. *Plakk,tamparan keras bagi diri sendiri*

Melihat cerita di atas saya termotivasi untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi, yang tidak akan berhenti berkarya, dan selalu bersyukur kepada ALLAH swt pastinya. That’s my promise!

Oleh karena itu, marilah kita melihat dengan hati, mendengar dengan cinta, dan membaca dengan jiwa, sehingga membentuk FOR yang baik dan memotivasi kita untuk lebih maju lagi!🙂

Leave a Reply

